MANCA NEGARA

| KESENIAN | RUMAH ADAT | SEJARAH | MANCA NEGARA |

Tari Kecak ialah pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun demikian, Kecak berasal dari ritual Sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat.

Crew Show on Rotterdam(Kecak and Joged)

Tari Kecak di Wakayama Japan

Jepang merupakan salah satu pasar utama dan penyumbang terbesar kunjungan wisatawan ke Bali. Untuk menggaet lebih banyak wisatawan dari Jepang ke Bali, perlu digencarkan promosi budaya langsung ke Jepang. Kegiatan promosi budaya ini sangat penting dilakukan langsung ke Jepang untuk mengenalkan kesenian Bali kepada wisatawan Jepang. Dengan penampilan kesenian dan budaya sebagai daya tarik Bali, wisatawan Jepang akan makin tergugah mengunjungi Bali untuk melihat perkembangan kesenian Bali secara langsung.

Kegiatan promosi ini perlu memanfaatkan waktu momen festival yang diselenggarakan di Jepang. Ini untuk memudahkan dalam meraih simpati pengunjung di Jepang untuk menyaksikan penampilan kesenian Bali. Selain itu, Jepang memang sangat cocok untuk dijadikan tujuan promosi budaya. Ini dikarenakan, potensi wisatawan Jepang untuk berlibur ke Bali sangat tinggi. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan Jepang ke Bali, membuat pasar Jepang bisa bertahan sebagai pasar utama dalam jangka waktu yang lama. Pelaku pariwisata Bali bersama pemerintah perlu mengoptimalkan dalam menggarap pasar Jepang.

Kegiatan promosi di Jepang tersebut diisi dengan kegiatan pagelaran tari kecak, tari kolaborasi sanggar di Bali dan di Jepang. Upaya promosi budaya yang dilakukan Kota Denpasar dengan menampilkan kolaborasi seniman Jepang dengan seniman tabuh dan tari Bali bisa tampil dengan semarak. Ke depan penampilan kesenian Bali yang mengkolaborasikan seniman Jepang dan seniman Bali termasuk melibatkan masyarakat Jepang akan mendorong wisatawan Jepang makin mencintai kebudayaan dan kesenian Bali. Ini secara tidak langsung akan meningkatkan animo wisatawan Jepang untuk berlibur ke Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s